Cari Project

Dimmer | Modul Pengatur Cahaya Lampu 2 Jalur



       Dimmer Pengatur cahaya adalah modul untuk mengatur kecerahan sebuah lampu Led ataupun Halogen, dengan dimmer kita bisa menyesuaikan kecerahan cahaya sebuah lampu, baik itu listrik AC pada rumah ataupun DC pada kendaraan.

      Banyak terdapat macam-macam dimmer dan juga fungsinya, selain untuk pengatur cahaya, ada juga dimmer untuk mengatur kecepatan atau speed sebuah dinamo motor. dalam artikel kali ini yang akan saya bahas adalah dimmer untuk pengatur cahaya, khusus nya pada lampu kendaraan. yang saya terapkan pada lampu spidometer.

      Banyak terdapat dimmer untuk pengatur cahaya lampu kedaraan yang terdapat di pasaran. Akan tetapi, dimmer ini saya rakit sendiri, dengan membeli beberapa komponen elektronik di toko elektronik. tidak memerlukan banyak biaya untuk merakit dimmer ini, hanya memerlukan tidak sampai 50 ribuan.

      Yang istimewa pada dimmer yang saya rakit ini, adalah dimana dimmer ini bisa mengatur cahaya pada 2 jalur sekaligus. maksudnya, dimmer ini bisa mengatur cahaya lampu spidometer pada saat lampu senja mati atau siang hari dan lampu senja hidup atau malam hari. jadi, pada siang hari bisa kita atur terang cahaya lampu spidometer dan pada malam hari juga, tanpa menganggu pengaturan keduanya. jadi, sistem pengaturan cahaya ini bisa di jalankan dan diterapkan pada dua mode sekaligus tanpa saling mengganggu masing-masing mode tersebut.

       Misalnya saya ingin kecerahan lampu pada siang hari atau saat lampu senja mati adalah terang atau kecerahannya saya atur 90% kecerahan cahaya lampunya. Lalu pada malam hari atau saat lampu senja kendaraan hidup saya ingin kecerahan lampu spidometernya 30% agar tidak menyilaukan pada saat malam, karna akan mengganggu pandangan saat berkendara, makanya saya atur 30% saat malam hari. jadi, saat siang hari cerah lampu tetap 90% dan malam hari tetap 30%, walaupun tetap menghidupkan lampu senja atau mematikannya, kecerahan lampu akan sesuai keinginan pada saat lampu senja mati atau hidup.

       Itu dikarenakan saya menggunakan 2 jalur pada dimmer ini, tetapi dalam satu modul saja. dimmer ini akan otomatis menyesuaikan kecerahan lampu sesuai settingan yang sudah kita atur cerahnya ada saat lampu senja mati ataupun hidup. Pengaturan menggunakan 2 buah Potensioner, satu Potensioner untuk saat lampu senja mati atau siang hari, dan satu lagi untuk pada saat lampu senja hidup atau malam hari.

       Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat dimmer ini adalah 2 buah Relay 5 kaki, 2 buah Potensioner 10k, 2 Buah Transistor Tip41, 2 Buah Resistor 330ohm dan beberapa kabel. kemudian bahan-bahan tersebut dirangkai menjadi sebuah dimmer atau modul pengatur cahaya lampu khususnya pada jalur kelistrikan DC atau Kendaraan Motor/Mobil.

       Disini saya tidak menjelaskan cara membuat dimmer ini, saya hanya menjelaskan tentang dimmer ini saja. apabila sobat sekalian ingin tahu cara pembuatan dimmer ini dan mau saya buatkan artikel atau videonya, silahkan komen dibawah. isnhallah, pasti saya akan buatkan artikel atau video tutorialnya.

       Untuk lebih jelasnya, silahkan liat video dibawah ini. jangan lupa untuk SUBSCRIBE channel saya, LIKE, SHARE dan Komen apabila ada pertanyaan.

      Terima Kasih.

Salam Kreasi,



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang sopan
ada pertanyaan silahkan bertanya